Tips Memilih Baterai Panel Surya

Cara Memilih Baterai Panel Surya

ROYALPV - Baterai VRLA / AGM / GEL / OPZV Untuk Panel Surya

Baterai terdiri dari 2 atau lebih sel elektrokimia yang mengubah energi kimia tersimpan menjadi energi listrik. Setiap baterai terdiri dari Terminal Positif (katoda) dan Terminal Negatif (Anoda), serta elektrolit yang berfungsi sebagai penghantar. Output arus listrik dari baterai adalah Arus Searah atau arus DC (Direct Current).

Tipe baterai Lead Acid adalah tipe baterai yang sesuai untuk sistem panel surya. Hal ini jelas karena dengan menggunakan tipe baterai Lead Acid, pengguna dapat memanfaatkan energi listrik yang tersimpan pada baterai (discharge) saat panel surya tidak mendapatkan sinar matahari. Sebaliknya saat ada matahari, baterai akan diisi (charge) oleh panel surya.

 

Jenis Baterai Lead Acid terbagi menjadi:

1. Aki Otomotif (Starting Battery)
Merupakan jenis baterai yang dirancang agar menghasilkan arus listrik tinggi dalam waktu singkat, sehingga dapat menyalakan mesin kendaraan.

Kerena penggunaan pelat tipis secara paralel, resistensi rendah dan permukaan luas, baterai ini tidak cocok digunakan dengan panel surya. Walaupun secara aplikasi masih dapat digunakan.

2. Baterai Deep Cycle (Baterai Industri)
Merupakan jenis baterai yang dirancang untuk menghasilkan arus listrik stabil dan dalam waktu lama. Baterai jenis Deep Cycle memiliki ketahanan terhadap siklus pengisian (charge) – pelepasan (discharge) berulang-ulang dan konstan.

Baterai jenis Deep Cycle dibagi menjadi dua jenis yaitu :

a. Baterai FLA (Flooded Lead Acid)
Secara umum dikenal sebagai baterai/aki/accu basah. Karena sel-sel di dalam aki terendam oleh cairan elektrolit agar berfungsi optimal. Ciri khasnya adalah katup pengisian cairan elektrolit di setiap katup.

b. Baterai VRLA (Valve Regulated Lead Acid)
Disebut juga baterai SLA (Sealed Lead Acid) atau baterai MF (Maintenance Free) atau baterai SMF (Sealed Maintenance Free). Secara fisik baterai ini hanya nampak terminal (+) positif dan terminal (-) negatif.

Dirancang khusus agar cairan elektrolit tidak tumpah atau bocor atau menguap. Baterai ini memiliki katup ventilasi yang terbuka pada tekanan ekstrim untuk pembuangan gas hasil reaksi kimia. Baterai ini sering disebut batereai Maintenance Free karena tidak ada katup pengisian cairan elektrolit.

Baterai VRLA dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan konstruksi internalnya, yaitu :

a) Baterai VRLA AGM (Absorbent Glass Mat)
Baterai VRLA AGM memilik pemisah/separator yang terdiri dari fiberglass yang terletak di antara pelat-pelat sel. Tujuan peletakan ini untuk menyerap cairan elektrolit agar tersimpan di pori-pori fiberglass. Fungsi fiberglass ini seperti handuk yang menyerap air ketika salah satu ujung handuk dicelupkan ke dalam cairan

b) Baterai VRLA Gel (Gel Cells)
Baterai VRLA Gel memiliki cairan elektrolit kental seperti agar-agar atau puding atau gel.

Jenis Baterai Yang Cocok Untuk Panel Surya Adalah:

Baterai Deep Cycle jenis VRLA AGM atau VRLA Gel merupakan jenis baterai yang paling cocok dan paling banyak digunakan untuk sistem panel surya baik SHS (Solar Home System), PJUTS (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya), Pompa Tenaga Surya, Lampu Jalan Tenaga Surya, PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

Alasan pemakaian Baterai Deep Cycle jenis VRLA AGM maupun VRLA Gel karena memiliki ketahanan siklus pengisian, ketahanan penggunaan, anti tumpah/bocor, dan bebas perawatan (Maintenance Free)

Merek-merek baterai yang kami sarankan (berdasarkan pengalaman pemasangan) adalah:
– Baterai VRLA AGM dan VRLA Gel Greentek
– Baterai VRLA AGM dan VRLA Gel VOZ
– Baterai VRLA AGM dan VRLA Gel Nagoya / Firstpower
– Baterai VRLA AGM Luminous
– Baterai VRLA AGM Uplus

 

Silakan lihat dan kunjungi www.royalpv.com untuk melihat jenis dan merek baterai yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!