BATERAI VRLA SOLANA 12V 50AH SOL12-50

0 out of 5 based on 0 customer ratings

Call for Price


BATERAI VRLA SOLANA 12V 50AH SOL12-50

Baterai vrla solana 12v 50ah sol12-50 merupakan baterai yang menggunakan asam timbal (lead acid) sebagai bahan kimianya. Ada dua tipe dari jenis aki ini, yaitu starting battery, atau lebih dikenal dengan aki otomotif (karena banyak digunakan untuk baterai pada kendaraan otomotif, seperti motor dan mobil), dan deep cycle battery, atau dikenal juga dengan aki industri.


VALVE REGULATED LEAD ACID SOLANA 12V 50AH SOL12-50 ( VRLA )

Jenis aki kering vrla solana 12v 50ah sol12-50 ini sering juga disebut sealed lead acid battery atau sealed maintenance free battery. Secara fisik baterai jenis ini terlindungi dan tertutup rapat. Yang nampak dari luar hanya terminal (+) positif dan (-) negatid.

Didesain agar cairan elektrolit tidak berkurang karena bocor atau penguapan, baterai jenis ini memiliki katup ventilasi yang hanya terbuka pada tekanan yang ekstrem untuk pembuangan gas hasil reaksi kimianya. Dikarenakan tidak ada katup untuk isi ulang cairan elektrolitnya, baterai ini dikenal juga dengan baterai bebas perawatan (Maintenance Free Battery)

 

JUAL BATERAI VRLA SOLANA 12V 50AH SOL12-50

Baterai vrla solana 12v 50ah sol12-50 merupakan produk berkualitas dan memilki daya tahan yang baik, teknologi produksi baterai vrla menggunakan sistem komputer modren dan melalui beberapa tahap uji coba yaitu waktu, tegangan, suhu dan arus. aki kering vrla solana 12v 50ah sol12-50 dapat anda gunakan untuk berbagai keperluan industri dan rumah tangga seperti plts atau pembangkit listrik tenaga surya, pju tenaga surya, pju solar cell, lampu jalan tenaga surya, lampu jalan solar cell, pompa tenaga surya, pompa solar cell, sistem panel surya, solar cell, solar panel, dan lain-lain.

Baterai vrla solana 12v 50ah sol12-50 merupakan salah satu tipe baterai yang sesuai untuk sistem panel surya dan juga merupakan salah satu baterai terbaik india dengan kualitas terjamin. Baterai vrla solana 12v 50ah sol12-50 telah melewati proses kontrol yang canggih dan sesuai dengan standar global, tidak hanya mengisi ulang dengan lebih cepat, tetapi juga tahan lebih lama, memiliki masa pemakaian yang lama dan tingkat discharge yang rendah. Baterai vrla solana 12v 50ah sol12-50 menggunakan teknologi agm untuk rekombinasi gas yang efisien, tidak ada efek float atau aplikasi siklik dalam DOD (depth of discharge), menguntungkan dan mudah digunakan, serta bebas dari pemeliharaan elektrolit atau penambahan air. Aki atau baterai solana 12v 50ah sol12-50 memiliki masa pemakaian yang lama dan tingkat discharge yang rendah. Baterai solana 12v 50ah sol12-50 mengurangi konsumsi listrik anda. Desain nya yang unik membuat baterai ini sangat kuat dan tahan terhadap pemadaman listrik yang lama. Baterai vrla solana 12v 50ah sol12-50 ini sangat cocok digunakan untuk plts (pembangkit listrik tenaga surya), shs (solar home sistem), pju tenaga surya,pompa air tenaga surya, dan sistem panel surya atau solar cell yang menggunakan sistem off grid.

Baterai vrla solana memiliki kapasitas mulai dari 12V 7AH, 12V 7.2AH, 12V 50AH, 12V 70AH, 12V 100AH, 12V 120AH, 12V 200AH.

Baterai solana 12v 50ah sol12-50 VRLA ( Valve Regulated Lead Acid) atau aki kering VRLA atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Aki Kering atau Baterai Kering adalah baterai tertutup ( sealed ). Karena sifatnya tertutup maka uap yang keluar dari baterai sangat sedikit ( terjadi rekombinasi ) sehingga tidak perlu menambah cairan electrolyte selama masa pemakaian baterai tersebut. Baterai VRLA solana 12v 50ah sol12-50 merupakan baterai VRLA (Valve Regulated Lead-Acid) yang bisa di charging kembali dengan desain yang tahan dengan kelebihan charging, overcharge, dan kondisi getaran-getaran yang yang mengganggu dari luar sistem. Baterai VRLA AGM solana 12v 50ah sol12-50 ini sangat cocok digunakan untuk PLTS ( Pembangkit Listrik Tenaga Surya ), SHS ( Solar Home System ), PJU tenaga surya, tompa tenaga surya, PJU solar cell dan sistem panel surya atau solar cell yang menggunakan sistem off grid.

Baterai timbal-asam yang diatur katup ( baterai VRLA ) kadang-kadang disebut asam timbal tertutup ( SLA ) atau baterai bebas perawatan, adalah jenis baterai timbal-asam.

Ada dua jenis utama baterai VRLA solana 12v 50ah sol12-50, tikar kaca penyerap ( AGM ) dan sel gel . Sel gel menambahkan debu silika ke elektrolit, membentuk gel seperti dempul tebal. Baterai AGM ( tikar kaca penyerap ) memiliki fitur fiberglass jala antara pelat baterai yang berfungsi untuk mengandung elektrolit dan memisahkan pelat. Kedua desain menawarkan kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan baterai konvensional dan sel basah VR tertutup, serta satu sama lain.

Karena konstruksinya, sel gel dan tipe AGM VRLA dapat dipasang dalam orientasi apa pun, dan tidak memerlukan pemeliharaan konstan. Istilah “bebas perawatan” adalah istilah yang salah karena baterai VRLA masih memerlukan pembersihan dan pengujian fungsional rutin. Mereka banyak digunakan dalam perangkat listrik portabel yang besar, sistem daya off-grid dan peran serupa, di mana sejumlah besar penyimpanan diperlukan dengan biaya lebih rendah daripada teknologi pemeliharaan rendah lainnya seperti lithium-ion.

 

PRINSIP DASAR BATERAI VRLA

Sel timbal-asam terdiri dari dua lempeng timbal, yang berfungsi sebagai elektroda , tersuspensi dalam elektrolit yang terdiri dari asam sulfat encer. Sel VRLA memiliki chemistry yang sama. “Sel basah” tipe VRLA mengandung asam dalam bentuk cair. Pada AGM dan tipe gel VRLA, elektrolit diimobilisasi. Dalam RUPS ini dilengkapi dengan tikar fiberglass; dalam baterai gel atau “sel gel”, elektrolitnya berbentuk gel seperti pasta yang dibuat dengan menambahkan silika dan zat pembentuk gel lainnya ke elektrolit.

Ketika sel dikeluarkan, timbal dan asam encer menjalani reaksi kimia yang menghasilkan timbal sulfat dan air. Ketika sel kemudian diisi, timbal sulfat dan air diubah menjadi timbal dan asam. Dalam semua desain baterai timbal-asam, arus pengisian harus disesuaikan agar sesuai dengan kemampuan baterai untuk menyerap energi. Jika arus pengisian terlalu besar, akan terjadi elektrolisis , yang menguraikan air menjadi hidrogen dan oksigen, di samping konversi timbal sulfat dan air menjadi timbal dioksida, timbal, dan asam sulfat (kebalikan dari proses pelepasan). Jika gas-gas ini dibiarkan lepas, seperti pada sel yang terendam konvensional, baterai perlu ditambahkan air (atau elektrolit) dari waktu ke waktu. Sebaliknya, baterai VRLA mempertahankan gas yang dihasilkan di dalam baterai selama tekanan masih dalam tingkat yang aman. Dalam kondisi operasi normal, gas kemudian dapat bergabung kembali di dalam baterai itu sendiri, kadang-kadang dengan bantuan katalis, dan tidak diperlukan elektrolit tambahan. Namun, jika tekanan melebihi batas keselamatan, katup pengaman terbuka untuk memungkinkan gas berlebih keluar, dan dengan demikian mengatur kembali tekanan ke tingkat yang aman (karenanya “diatur oleh katup” dalam “VRLA”).

Baik desain banjir dan VRLA membutuhkan ventilasi yang sesuai di sekitar baterai; keduanya untuk mencegah konsentrasi hidrogen menumpuk (gas hidrogen sangat mudah terbakar), dan untuk memastikan bahwa baterai menerima pendinginan yang memadai.

 

KONSTRUKSI AKI VRLA SOLANA

Sel VRLA dapat dibuat dari pelat datar yang mirip dengan baterai timbal-asam konvensional yang dibanjiri, atau dapat dibuat dalam bentuk gulungan spiral untuk membuat sel silinder.

Baterai VRLA memiliki katup pelepas tekanan yang akan aktif ketika baterai mulai membangun tekanan gas hidrogen, umumnya akibat diisi ulang. Aktivasi katup memungkinkan sebagian gas atau elektrolit terlepas, sehingga mengurangi kapasitas keseluruhan baterai. Sel persegi mungkin memiliki katup yang diatur untuk beroperasi serendah 1 atau 2 psi ; sel spiral bundar, dengan wadah eksternal dari logam, dapat memiliki set katup setinggi 40 psi.

Sel penutup biasanya memiliki difuser gas yang dibangun di dalamnya yang memungkinkan dispersi yang aman dari setiap kelebihan hidrogen yang dapat terbentuk selama harga terlalu mahal . Mereka tidak disegel secara permanen, tetapi ditunjuk untuk bebas perawatan. Mereka dapat diorientasikan dengan cara apa pun, tidak seperti baterai timbal-asam normal, yang harus dijaga tetap tegak untuk menghindari tumpahan asam dan menjaga orientasi pelat tetap vertikal. Sel dapat dioperasikan dengan pelat mendatar ( gaya pancake ), yang dapat meningkatkan siklus hidup.

Pada arus yang terlalu tinggi, elektrolisis air terjadi, mengeluarkan gas hidrogen dan oksigen melalui katup baterai. Harus diperhatikan untuk mencegah korsleting dan pengisian cepat. Pengisian tegangan konstan adalah metode pengisian yang biasa, paling efisien dan tercepat untuk baterai VRLA, meskipun metode lain dapat digunakan.

Baterai VRLA dapat terus mengambang terisi sekitar 2,18-2,27 volt per sel pada 25 ° C, tergantung pada jenis dan spesifikasi produsen baterai. Siklus pengisian ekualisasi, yang memiliki profil arus tegangan-rendah yang lebih tinggi, kadang-kadang dapat dimanfaatkan untuk membalik sebagian kondisi sulfasi baterai; beberapa pengisi daya baterai pintar SLA baik secara manual atau otomatis melakukan siklus penyamaan pada waktu yang jarang. Beberapa desain dapat diisi cepat (satu jam) dengan harga tinggi. Pengisian daya berkelanjutan pada 2,7 V per sel akan merusak sel. Pengisian daya arus konstan dengan laju tinggi (laju lebih cepat daripada mengembalikan kapasitas terukur dalam tiga jam) akan melebihi kapasitas sel untuk menggabungkan kembali hidrogen dan oksigen.

 

SEJARAH BATERAI VRLA

Baterai gel asam timbal pertama ditemukan oleh Elektrotechnische Fabrik Sonneberg pada tahun 1934. Baterai gel atau VRLA modern ditemukan oleh Otto Jache dari Sonnenschein pada tahun 1957. Sel AGM pertama adalah Cyclon, dipatenkan oleh Gates Rubber Perusahaan pada tahun 1972 dan sekarang diproduksi oleh EnerSys . Siklon adalah sel berbentuk spiral dengan elektroda foil timbal tipis. Sejumlah pabrikan memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengimplementasikannya dalam sel dengan pelat datar konvensional. Pada pertengahan 1980-an, dua perusahaan Inggris, Chloride dan Tungstone, secara bersamaan memperkenalkan 10 tahun usia baterai AGM dalam kapasitas hingga 400 Ah, didorong oleh spesifikasi British Telecom untuk baterai untuk mendukung pertukaran digital baru. Pada periode yang sama, Gates mengakuisisi perusahaan Inggris lainnya, Varley, yang berspesialisasi dalam baterai pesawat dan militer. Varley mengadaptasi teknologi foil timbal Cyclon untuk menghasilkan baterai plat datar dengan output tingkat tinggi yang luar biasa. Ini memperoleh persetujuan untuk berbagai pesawat termasuk BAe 125 dan 146 jet bisnis, Harrier dan turunannya AV8B, dan beberapa varian F16 sebagai alternatif pertama untuk baterai standar nikel-kadmium (NiCd).

Perpindahan ke baterai AGM berkapasitas lebih tinggi dipimpin oleh rentang Absolyte GNB yang memanjang hingga 3900 Ah. Teknologi VRLA / AGM sekarang tersebar luas di baterai stasioner dan kendaraan.

Baterai AGM berbeda dari baterai timbal-asam yang dibanjiri dalam hal elektrolit disimpan di tikar kaca, yang bertentangan dengan bebas membanjiri piring. Serat kaca yang sangat tipis dianyam ke dalam tikar untuk menambah luas permukaan yang cukup untuk menahan elektrolit yang cukup pada sel untuk seumur hidup mereka. Serat-serat yang menyusun lapisan kaca halus tidak menyerap atau terpengaruh oleh elektrolit asam. Matras ini dirapikan 2-5% setelah direndam dalam asam, sebelum pembuatan dan penyegelan selesai.

Pelat dalam baterai RUPS dapat berupa bentuk apa saja. Ada yang rata, ada yang bengkok atau berguling. Baterai AGM, baik siklus dalam maupun start, dibuat dalam wadah persegi panjang sesuai spesifikasi kode baterai Battery Council International (BCI).

Baterai AGM menghadirkan karakteristik pemakaian sendiri yang lebih baik daripada baterai konvensional dalam kisaran suhu yang berbeda.

Seperti halnya baterai timbal-asam untuk memaksimalkan masa pakai baterai AGM, penting untuk mengikuti spesifikasi pengisian daya dan disarankan menggunakan pengisi daya bertegangan . Ada korelasi antara kedalaman pelepasan (DOD) dan masa pakai baterai, dengan perbedaan antara 500 dan 1300 siklus tergantung pada kedalaman pelepasan.

 

Berdasarkan Kontruksi Internal, Baterai VRLA Dibagi Menjadi 2 Jenis Yaitu :

1. ABSORBENT GLASS MAT SOLANA 12V 50AH SOL12-50 BATTERY (AGM)

Baterai jenis solana 12v 50ah sol12-50 ini memiliki pemisah (separator) yang terdiri dari fiberglass yang diletakkan di antara pelat-pelat selnya. Tujuan peletakan ini adalah untuk menyerap cairan elektrolit agar tersimpan di pori-pori fiberglass. Fungsi fiberglass ini mirip seperti handuk yang menyerap air ketika salah satu ujung handuknya dicelupkan ke dalam ember yang berisi air. Tipe baterai ini lumrah digunakan sebagai salah satu tipe baterai yang sesuai untuk sistem panel surya

 

2. GELL CELLS SOLANA 12V 50AH SOL12-50

Tipe lain yang juga digunakan sebagai tipe baterai yang sesuai untuk sistem panel surya, adalah tipe baterai dengan gel. Baterai jenis solana 12v 50ah sol12-50 ini memiliki cairan elektrolit yang dicampur dengan pasir dilikam sehingga menjadi kental seperti agar-agar atau puding (GEL). Gel ini yang berfungsi sebagai cairan elektrolit.

Baterai vrla gel ini sebaiknya jangan digunakan pada perangkat yang membutuhkan suplai arus listrik yang tinggi (discharging) atau di isi dengan arus tinggi (charging) Karena dapat mengakibatkan gel akan cepat robek atau rusak sehingga aki tidak dapat digunakan lagi.

Baterai deep-cycle tipe vrla agm atau gel, lebih banyak digunakan untuk sistem panel surya ketimbang tipe FLA. Hal ini dikarenakan tipe deep-cycle vrla atau gel memiliki ketahanan penggunaan yang lebih baik dan bebas perawatan, dibanding jenis FLA.

 

JUAL BATERAI VRLA SOLANA 12V 50AH SOL12-50

Solana 12v 50ah sol12-50 merupakan aki kering yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan industri dan rumah tangga seperti pjts, pju, lampu jalan, panel surya perangkat keamanan, cadangan UPS, dan lain-lain dengan daya tahan yang lama. Produk ini diproduksi dengan cermat untuk menghasilkan produk yang bermutu dan kualitas terbaik.

 

BATERAI VRLA SOLANA PERFORMA UNGGUL

Baterai vrla solana 12v 50ah sol12-50 menggunakan teknologi Valve Regulated, Absorbent Glass Mat. Jenis baterai Absorbent Glass Mat (AGM) memiliki beberapa keunggulan dibandingkan baterai flooded lead acid (baterai basah), termasuk anti tumpah dalam posisi penempatan apapun, performa lebih baik pada penggunaan daya listrik besar, dan performa lebih baik untuk penggunaan sebagai daya listrik cadangan.

 

BATERAI VRLA SOLANA 12V 50AH SOL12-50 ROYALPV

BATERAI VRLA SOLANA 12V 50AH SOL12-50 ROYALPV

 

Spesifikasi Produk Solana 12V 50AH SOL12-50

VOLT / CAPACITY 12V 50AH
LENGHT 229 MM
WIDHT 138 MM
HEIGHT [ TOTAL HEIGHT ] 212 [ 215 ] MM
WEIGHT 16 Kg
CONTAINER MATERIAL ABS

 

Untuk harga terbaik, ketersediaan stok atau pun konsultasi yang cocok dan sesuai dengan anda, silakan hubungi tim kami yang akan memberikan solusi terbaik untuk anda, baik dari segi kebutuhan dan budget.

=========================================================================

ROYALPV
LTC GLODOK 
Lantai GF1, Blok A17, No. 1
Telp: 021-6232-0924
HP: 0812-9782-2052 
Email: sales@royalpv.com

=========================================================================

INFO TAMBAHAN

Harga Paket Belum Termasuk Ongkos Kirim & Packing Kayu

“Kami tidak bertanggung jawab atas barang yang pecah akibat dari ekspedisi / pengiriman,

kami menyarankan membeli tambahan packing kayu dari ekspedisi masing-masing”

=========================================================================

Produk baterai aki kering lainnya

Baterai Aki Kering VRLA AGM

Baterai Aki Kering AGM GEL

Baterai OPZV 2V

Baterai Aki Kering Litthium

Other Products From This Seller

error: Content is protected !!